3 Tips Terbaik untuk Memilih dan Mendapatkan Sambungan Pipa yang Tepat

Pipa jenis PVC merupakan pipa yang paling sering digunakan di rumah-rumah, baik untuk saluran air maupun talang. Dalam pemasangan pipa PVC, Anda tentu memerlukan sambungan pipa. Sambungan pipa pun banyak macamnya, sehingga ada baiknya Anda memperhatikan tips dalam memilih sambungan pipa yang tepat berikut ini.

1. Tentukan Jenis Sambungan Pipa

Sambungan pipa PVC banyak macamnya, mulai dari tee stuck PVC, elbow PVC, socket PVC, reducer PVC, hingga cross PVC. Jangan sampai Anda salah membeli sambungan pipa, karena berbeda jenis berbeda pula fungsinya. Oleh karena itu, Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu mengenai jenis sambungan tersebut.

2. Sesuaikan Harga dan Kebutuhan

Setiap jenis sambungan pipa memiliki harga yang berbeda-beda, tergantung kualitas dan juga ukurannya. Ada sambungan dengan kualitas nomor satu atau premium, ada pula yang berkualitas medium.

3. Tentukan Jenis Perekat

Selain menentukan jenis dan harga, Anda juga perlu untuk menentukan jenis perekat yang tepat untuk sambungan pipa tersebut. Jenis perekat juga tak kalah penting untuk diketahui, karena perekat sambungan pipa juga beragam jenisnya. Jenis perekat yang paling umum digunakan ada dua jenis.

Perekat jenis pertama adalah jenis perekat yang hanya dapat melekat pada bagian pipa dan juga bagian fitting atau sambungan. Umumnya perekat tersebut akan mengering dalam waktu satu hingga dua jam setelah Anda melakukan proses perekatan. Namun jika berbicara mengenai kekuatan sambungnya, akan bergantung pada seberapa kuat adhesive dari bahannya.

Sedangkan perekat jenis kedua adalah perekat yang dapat menyambungkan pipa melalui suatu proses kimiawi, dan umumnya disebut dengan solvent coment. Perekat jenis ini membutuhkan waktu lima hingga enam jam untuk mengering, dan proses persenyawaan tersebutlah yang dapat membuat sambungan semakin kuat.

Kenali Jenis Pipa yang Anda Butuhkan!

Jika berbicara mengenai sambungan pipa, tentu tak lepas dari jenis pipa yang akan Anda gunakan. Ada baiknya Anda juga memperhatikan jenis pipa, karena jenis pipa cukup beragam dan fungsinya dapat berbeda sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai contoh pipa yang kerap dipakai untuk proyek air bersih menggunakan pipa HDPE. Ada pula pipa PVC yang kerap digunakan untuk kebutuhan rumah.

Itulah 3 tips memilih sambungan pipa yang tepat. Untuk proses penyambungan, ada baiknya Anda menggunakan fitting yang memiliki jenis dan tipe sama dengan yang Anda gunakan. Mencari produk sambungan pipa dengan kualitas terbaik, coba pilih produknya di www.rucika.co.id yang merupakan perusahaan pipa terbesar di Indonesia yang menawarkan beragam jenis produk perpipaan dengan harga pipa air yang terjangkau.

Previous
Next Post »