4 Tips Mix and Match Masker Kain dan Busana yang Dipakai

Masker kini tak hanya digunakan untuk mencegah droplet di era new normal. Penggunaan masker dalam aktivitas sehari-hari, kini menjadi bersinergi dengan fashion. Banyak orang custom masker kain yang disesuaikan dengan busana yang akan dipakai sehari-harinya. Berikut tips memadukan masker kain dengan busana yang akan dipakai!

1.Memilih Warna Masker yang Senada dengan Pakaian

 

Tips pertama yaitu memilih warna masker kain yang dipakai dengan baju yang dikenakannya. Namun tips ini juga dapat dilakukan berkebalikan. Maksudnya, bagi Anda yang lebih suka tampil nyentrik bisa menggunakan warna yang kontras. Meskipun warna masker dan pakaian kontras, tetapi dapat juga terlihat serasi. Terpenting tetap percaya diri dengan warna nabrak.

 

2.Desain Potongan yang Pas di Wajah

 

Masker yang didesain unik tentunya juga harus memperhatikan kenyamanan bagi pemakainya. Masker dibuat  sesuai dengan bentuk hidung dan wajah pemakai namun tetap memiliki fungsi untuk kesehatan. Jika masker yang dipakai kekecilan, maka tidak akan menutup sempurna area hidung dan mulut. Selain itu, masker yang sempit akan mengganggu sistem  pernapasan.

 

Begitu pula masker yang longgar akan membuat  fungsi dari masker sendiri kurang maksimal. Udara kotor akan mudah masuk, terlebih jika masker yang dibuat tanpa adanya  filter. Tetap buat masker kain dari bahan yang direkomendasikan oleh  WHO dan tetap memperhatikan cara custom masker yang aman. Seperti adanya filter di bagian tengah dan bagian dalam lembut.

 

3.Memilih Bahan Masker yang Lembut

 

Bahan masker dipilih dari bahan yang lembut seperti bahan katun. Hal ini dipilih untuk mencegah kulit wajah mengalami iritasi. Jika bahan yang  digunakan kasar atau membuat alergi si pemakai, tentunya sangat tidak nyaman untuk dipakai. Meskipun terbuat dari bahan lembut , tetap harus diperhatikan kain yang digunakan tidak terlalu renggang dan terlalu rapat.

 

Kain yang terlalu renggang, akan membuat udara kotor mudah masuk meskipun dilengkapi adanya filter. Cek kerenggangan bahan dengan menerawangnya di bawah sinar. Bahan yang terlalu rapat juga dapat  menyulitkan dalam bernapas, selain itu bahan yang rapat terkadang membuat masker menjadi kasar dan akhirnya menyebabkan iritasi kulit wajah.

 

4.Memilih Corak Masker yang Sesuai dengan Busana

 

Hampir sama seperti poin pertama, yaitu memadukan warna masker dengan busananya. Namun,  perlu diperhatikan warna yang dipilih ini tidak terlalu ramai. Misalkan masker fullprint  bermotif bunga dengan busana bermotif full polkadot. Meskipun memiliki warna sama, tetap akan terlihat tidak sedap dipandang mata.

 

Jika baju  yang  dikenakan sudah memiliki motif yang full body, maka pilih warna masker yang  senada namun pilih yang polos. Begitu pula sebaliknya, jika masker yang digunakan bermotif, maka busana yang  dipakai sebaiknya polos. Bagi Anda yang  tidak suka corak, Anda  bisa mengenakan masker yang memiliki aksesoris  untuk menambah kesan menawan.

 

Itulah  beberapa tips  memadukan masker kain dengan pakaian yang akan digunakan. Jika Anda tak bisa mendesain masker sendiri, sudah ada berbagai jasa desain masker fullprint yang bisa membantu Anda menciptakan masker sesuai keinginan. Anda tak perlu repot  dan bingung, tinggal mengatakan desain sesuai yang diinginkan, maka keesok harinya masker sudah tersedia.

Previous
Next Post »